Pemupukan Menunjang Produksi Kopi

pemupukan-kopi

sedikit yang memahami peran pemupukan pada tanaman kopi. padahal pengetahuan tentang pemupukan merupakan hal penting dan mesti dipahami dengan kita para petani agar memperbaiki serta memelihara produktivitas tanaman. data penelitian dari india menyatakan semua panen 6000 kg kopi gelondongan dari areal perkebunan berarti kita telah mengikuti 40 kg n (nitrogen), 2,2 kg p (phosphor) serta 53 kg kalium (k) daripada pada tanah. bayangkan kalau kita hanya menggarap panen saja tanpa sudah mengerjakan pemupukan. tanah hendak merupakan miskin dan kopi kita tentu saja merupakan merana. supaya pemupukan yang kita lakukan memberikan pengaruh yang optimal ke tanaman usah terhadap kita untuk memahami prinsip dasar pemupukan. sebab pemupukan adalah aktifitas penambahan bahan-bahan hara tertentu kedalam tanah. dengan demikian sebelum membahas tentang prinsip pemupukan banyak baiknya kita tahu mengenai apa itu tanah?

( Info: pupuk npk ) pengertian tanah beragam. namun aku menganggap tanah adalah info media tumbuh tanaman kopi, selama media tersebut terdapat unsur-unsur/bahan makanan/nutrisi/gizi yang dibutuhkan dengan tanaman supaya hidup juga berkembang. zat hara selama tanah mampu berkurang makanya produksi merupakan menurun. jika kita analogikan, membudidayakan kopi sama halnya dengan melakukan penambangan terhadap unsur-unsur hara tanah tadi. prinsipnya, tanaman kopi menyerap zat hara lalu diproses adalah bahan tanaman seperti buah kopi, kemudian kita menggarap pemanenan dan mengangkut hasil panen keluar dari kebun. bisa dibayangkan berapa banyaknya unsur-unsur hara tanah tadi dan kita tambang daripada areal kebun kopi sepanjang tahun.

kurangnya pengetahuan tentang pemupukan memesan tanah areal perkebunan menjadi miskin, karena kandungan unsur hara dan dikandungnya tidak memadai agar menunjang produksi buah tanaman kopi. resikonya produksi buah menurun, buah adalah kecil-kecil, tanaman merana serta gampang terserang hama serta penyakit.

( Info: pupuk urea ) petani kopi dalam beberapa daerah di indonesia dan memasarakat melalui kesuburan tanahnya sering mengabaikan masalah pemupukan. banyak anggapan yang tambah besar kiranya ditanah yang subur pemupukan tak diperlukan lagi. jika anda termasuk kalangan yang bepikir itulah mungkin kamu wajib menyimak artikel unsur hara yang diperlukan tanaman kopi arabika. ditanah yang subur meskipun pemupukan tetap wajib dilaksanakan, tapi tentu saja berbeda jenis dan jumlahnya.

seringkali pemupukan yang kita lakukan tak berdampak optimal pada produksi kopi dikebun kita. penyebabnya karena kurangnya pemahaman kepada prinsip dasar pemupukan. prinsip dasar pemupukan terdiri daripada 4 t, yaitu: tidak salah waktu, tepat bidang, tidak keliru dosis dan tidak keliru aplikasi.