Batik Motif Aceh Mulai Menarik Peminat

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati warga, terlebih pegawai negeri sipil di daerah tersebut, papar sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah banyak dan membeli batik pada balai properti batik binaan dekranas aceh. hampir semua pemerintah kabupaten/kota telah memesan supaya pakaian wajib sampingan para pegawainya, katanya di banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple ) disamping supaya pakaian dinas tambahan, ada juga pihak swasta semisal perbankan dan serta memesan batik motif aceh, ujar netty yang ditemani koordinator balai properti batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 hingga rp1 juta dan tergantung daripada bidang kainnya.

balai properti batik rata-rata mampu memproduksi 200 potong bakal kain baju setiap bulan. batik dan diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin yang juga milik dekranas aceh.

( Info: Grosir Batik ) ia menyampaikan, terdapat pilihan bidang kain yang ada diminati penduduk di provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) serta sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya yang paling diminati rencong, pintu aceh juga gayo, katanya lagi.

netty yang dan kepala bidang promosi di badan investasi juga beriklan aceh itu menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia serta mengatakan batik aceh memiliki motif yang mencari zat alam dan budaya juga perpaduan warna dan menonjol seperti merah, hijau, kuning juga merah muda.

motif yang digunakan di batik aceh dan ada kandungan makna falsafah hidup masyarakat aceh.

netty menungkapkan, website dekranas aceh ke depan rumah batik aceh tersebut hendak direnovasi lebih bagus dulu, makanya merupakan objek wisata juga pusat studi dan latihan.

jadi, anak-anak aceh dan mempunyai bakat disainer, mampu belajar selama balai itu, disamping agar melestarikan batik aceh, ujarnya.